Membuat Peta Belajar Sesuai Kebutuhan Diri

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Apa kabar teman-teman semua? Senang sekali rasanya, bisa menyimak salah satu materi Matrikulasi Institut Ibu Profesional tentunya. Materinya tentang Merdeka Belajar yang dipaparkan oleh salah satu Sahabat WI yaitu mba Lulu'.

Pada materi tersebut dijelaskan tentang peta belajar. Dengan membuat peta belajar maka diharapkan kita tidak akan tersesat dari peta yang kita buat. Karena mungkin kita adalah salah satu tipe orang yang suka belajar banyak hal tetapi hanya kulitnya saja. Ah, persis seperti saya. 

Misi 3

Dalam membuat peta belajar ini, pertama kali kita harus membuat list ilmu tentang apa yang kita butuhkan. Nah, dari beberapa topik itu, bisa kita pilih mana yang paling prioritas atau yang paling bisa kita capai. Kemudian kita analisa topik tersebut menjadi sub topik yg lebih detil. 

Bersyukur sekali ternyata bukan hanya teori yang kita dapat di matrikulasi ini, kita para penjelajah Samudera Amarta (mahasiswi matrikulasi IIP) juga diberikan misi pada tiap zona. Dan misi kali ini kita diberi kesempatan membuat peta belajar kita masing-masing dan menuangkannya dalam bentuk visual.

Peta Belajarku :

Peta belajar

Ada beberapa hal yang perlu saya pelajari untuk saat ini, diantaranya;

- Bullet Journall

Mengapa saya ingin belajar tentang bullet journall?

Karena saya sudah pernah mencoba membuat bullet journall alias bujo yang sangat sederhana yaitu hanya to do list hariannya saja. Setelah mencoba beberapa bulan, saya merasa kemampuan manajemen waktu saya meningkat, dan semakin sedikit menyia-nyiakan waktu. Ya, jadi tujuan utama saya adalah agar saya memiliki kemapuan manajemen waktu yang baik. Selain itu, dengan rutin membuat bujo, saya berharap saya menjadi pribadi yang lebih teratur dan lebih mindful. 

Apakah baik, benar dan bermanfaat?

Tentu, belajar tentang bullet journall tentu lolos filter analisa 3B (baik, benar dan bermanfaat). Insyaallah baik, benar dan sangat bermanfaat jika dilakukan secara konsisten.

Bagaimana teknisnya?

Sebelumnya saya sudah mencari referensi dari berbagai sumber, baik artikel maupun video YouTube. Maka, saya akan mencoba mulai membuat bullet journall sesederhana mungkin dengan menyisihkan waktu sekitar 15 menit setiap harinya. Dimulai dari membuat to do list harian dulu, seperti yang pernah saya lakukan sebelumnya. Dan mencoba tetap menulis meski mungkin hari sebelumnya terlewat. Bismillah, semoga Allah mudahkan, aamiin.

- Microstock

Mengapa saya ingin belajar tentang microstock?

Sebelumnya saya pernah mengikuti kelas menggambar digital dengan medibang paint dan Ibis paint X. Nah, ternyata dari situ saya tahu bahwa gambar-gambar digital yang kita buat bisa kita jual di beberapa platform. Meskipun harganya bisa dibilang murah, tetapi jika ditekuni bisa buat uang tambahan. 

Apakah baik, benar, dan bermanfaat?

Tentu saja baik, benar dan bermanfaat. Namun saya membatasi diri saya untuk tidak menggambar makhluk bernyawa. Karena adanya dalil tentang larangan menggambar makhluk bernyawa.

Bagaimana teknisnya?

Setelah, belajar dan konsisten dalam membuat bullet journall mungkin saya akan mencoba membuat gambar dengan target sekian gambar setiap bulan menyesuaikan waktu luang lalu menguploadnya. Dan tetap mengasah skill digital drawing dari berbagai sumber atau atau mengikuti berbagai kelas.

Selain kedua topik di atas, ada beberapa topik lain yang merupakan kebutuhan saya dan tetap harus saya pelajari. Karena tujuan kita hidup di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah. Sebagaimana firman Allah, "Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah (kepada-Ku)." Beberapa topik tersebut di antaranya;

- Menghafal Al-Qur'an

Menambah hafalan dan memuraja'ah hafalan semampu saya, dengan menyesuaikan waktu luang ataupun meluangkan waktu.

- Memperbaiki bacaan Al-Qur'an (tahsin)

Mengikuti kelas tahsin offline ke ustadzah yang insyaallah mahir di bidang tersebut. Meluangkan waktu 3x dalam sepekan setiap sore, dengan durasi belajar 1-1,5 jam per hari.

- Mempelajari Bahasa Arab

Saya pernah belajar online kitab durusul lughah jilid 1 dan 2 serta pernah mengikuti kelas online belajar ilmu sharaf. Namun sudah lama belum belajar atau muraja'ah pelajaran bahasa Arab lagi. Lalu, saya memutuskan untuk mengikuti kelas online nahwu mulai pekan depan. 

- Mempelajari ilmu agama sesuai Al Quran dan Sunnah

Mengikuti beberapa kelas belajar online rutin dan jangka panjang yaitu Tarbiyah Sunnah Learning dan Halaqoh Silsilah Ilmiah. Dengan meluangkan waktu sekita 1-1,5 jam setiap harinya untuk menyimak, mencatat dan mengerjakan soal evaluasinya. Atau bisa juga menyimak kajian baik offline di masjid ataupun offline di YouTube.

- Mempelajari ilmu parenting sesuai kaidah islam

Untuk yang ini, saya belum mengikuti kelas khusus. Sehingga terkadang mendengarkan kajian online atau YouTube saja.

Itulah peta belajar saya sesuai kebutuhan saya saat ini. Semoga Allah mudahkan melalui rute petanya. Yuk, bikin peka belajar juga!


#Zona2

#PenjelajahPelabuhanSamuderaAmarta

#Matrikulasi10

#InstitutIbuProfesional

#IbuprofesionalforIndonesia

#ip4id2022

#womenincooLABoration







Comments

  1. Mba, masya Allah yuk bismillah semangat mba belajar bahasa Arab nya 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, semoga Allah mudahkan ya mba, semangat jugaa 💕

      Delete

Post a Comment

Popular Posts