Core Value dalam Peta Belajar

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh, kali ini kami para penjelajah, belajar tentang core value dalam peta belajar. Materi tentang core value disampaikan oleh salah satu Sahabat WI yaitu Mba Endang Prasdianti di FBG Matrikulasi. Saya teringat betul betapa berbinar dan semangatnya beliau ketika menyampaikan materi.

Seperti biasa, setelah kami kenyang menyantap materi, kami diberikan sebuah misi. Misinya tentu berkaitan erat dengan materi yang telah disampaikan. Langsung saja saya jabarkan misi saya di sini.

Misi 4

Pertama, memaknai kata "Pembelajar Sejati" versi kita sendiri. Menurutku seorang pembelajar sejati adalah seorang yang senantiasa belajar hal apa saja yang bermanfaat bagi dunia dan akhiratnya, serta mengamalkan lalu membagikan apa yang telah dia pelajari dengan niat mengharap wajah Allah subhanahu wa ta'ala. Kalau menurut kalian apa makna dari pembelajar sejati? 

Kedua, kami membuat perencanaan tentang ilmu apa saja yang perlu kami pelajari dan tingkatkan serta ilmu apa saja yang akan kami latih dan bagikan. Karena core value dari ibu profesional adalah belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak.

Inilah core value dalam peta belajar saya serta penjabarannya :

Core value dalam peta belajar

Ilmu yang perlu dipelajari (Belajar) :

  1. VBAC : Ilmu VBAC ini perlu saya pelajari untuk persiapan jika nanti diamanahi anak kedua. Untuk saat ini sumber belajar tentang ilmu VBAC ini yang paling tepat adalah dari media sosial atau pengalaman orang yang berhasil VBAC. Tujuannya tentu sebagai ikhtiar agar saya bisa melahirkan normal jika diamanahi anak kedua dan seterusnya (bi idznillah).
  2. Islamic Parenting : Ilmu ini sangat perlu saya pelajari untuk saat ini. Sumber belajar saya dari kajian di YouTube seperti kanal YouTube Ustadz Abu Salma Muhammad dan Kak Erlan hafidzahumallah.

Ilmu yang perlu ditingkatkan (Berkembang) :

  1. Aqidah : Ilmu tentang aqidah merupakan salah satu bekal penting kita di dunia. Belajar aqidah ini perlu istiqomah dan seumur hidup. Sumber belajar saya dari HSI (Halaqah Silsilah Ilmiah) dan TSL (Tarbiyah Sunnah Learning). Agar ilmu tentang tauhid ini semakin berkembang menurut saya adalah dengan cara memuraja'ah serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utamanya tentu agar kita menjadi hamba yang bertauhid kepada Allah ta'ala.
  2. Bahasa Arab : Sumber belajar bahasa Arab selama ini dari kitab Durusul Lughah jilid 1, 2 dan 3. Kelas online Ilmu Sharaf yang diadakan oleh Yayasan BISA. Agar bahasa Arab semakin berkembang tentu dengan banyak memuraja'ah kaidah-kaidah nya serta sering mendengarkan atau mengucapkan kalimat berbahasa Arab. Namun ini masih menjadi PR untuk saya. 
  3. Tahsin : Sumber belajar tahsin secara offline ke Ustadzah hafidzahallah, 3x sepekan setiap sore. Semoga ilmu tahsin saya semakin berkembang bi idznillah dengan terus belajar dan dikoreksi makharijul huruf serta tajwidnya serta mempraktekkannya ketika membaca Al Qur'an.
  4. Tahfidz : Saya pernah belajar teori tentang tips menghafal Al Qur'an dari kulzoom. Agar ilmu tahfidz semakin berkembang bi idznillah, seharusnya menambah hafalan dan memuraja'ah hafalan setiap hari serta menyetorkan hafalan untuk dikoreksi bacaannya. Saya pun masih harus belajar banyak agar semakin berkembang.

Ilmu yang akan dilatih (Berkarya) :

  1. Journalling : Saya akan mencoba membiasakan diri saya untuk berlatih menulis jurnal, khususnya bullet journall. Saya akan berlatih dari yang paling sederhana yaitu membuat to do list setiap hari sesuai prioritas. Kemudian mengevaluasinya dalam jangka waktu tertentu, misalnya sebulan sekali. 
  2. Time management : Berlatih untuk disiplin lagi mengerjakan to do list harian sesuai target. Dan yang paling penting berlatih untuk tidak menunda-nunda pekerjaan atau menyia-nyiakan waktu.

Ilmu yang akan dibagikan (Berbagi)

  1. Simple Digital Drawing : Ilmu yang akan saya bagikan rencananya adalah tentang membuat gambar digital sederhana dengan menggunakan aplikasi medibang paint. Bisa berupa video yang akan saya upload ke YouTube atau berupa artikel yang akan saya post di blog.

Dan pertanyaan, seperti apakah core value ini akan diterapkan dalam peta belajar yang sudah dibuat? Coba buat perencanaan untuk hal tersebut! Dari kelima core value ibu profesional yaitu belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak akan saya terapkan dalam menjalankan peran saya sebagai pribadi, istri dan ibu. Saya perlu belajar, berkembang, berkarya untuk bisa berbagi dan berdampak ke anak saya khususnya. Ilmu tentang aqidah, tahsin, tahfidz dan bahasa Arab akan saya pelajari, kembangkan, terapkan dan bagikan untuk mendidik anak saya insyaallah. Dan semoga dengannya akan berdampak baik pada pribadi dan akhlak anak saya, aamiin. Ilmu tentang journalling dan time management perlu saya latih agar konsisten sehingga hidup saya lebih berprogres, lebih teratur, lebih mindful dan berdampak baik pula terutama untuk keluarga kecil saya. 

Seandainya saya menjadi praktisi jurnaling yang sudah konsisten sehingga mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan journalling khususnya bullet journall, maka saya akan membagikan ilmu tentang itu melalui blog atau media sosial. 

Semoga dengan memvisualisasikan peta belajar seperti ini bisa menjadi pemantik semangat kita ketika kita "merasa" gagal mewujudkannya. Itulah beberapa core value dalam peta belajar saya, kritik dan sarannya sangat ditunggu.

#Zona2

#Zona2Misi4

#PenjelajahPelabuhanSamuderaAmarta

#Matrikulasi10

#InstitutIbuProfesional

#IbuprofesionalforIndonesia

#ip4id2022

#womenincooLABoration



Comments

  1. Masya Allah, mba aku juga murid HSI.

    ReplyDelete
  2. Masyaallah ada temennya, bisa jadi kita seangkatan mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts