Makna Ibu Profesional

Assalamualaikum teman-teman, yuk bahas makna Ibu Profesional. Kebetulan materi matrikulasi Institut Ibu Profesional pekan ini membahas tentang Ibu Profesional kebanggaan keluarga. Seperti biasa, materi disampaikan oleh salah satu Widya Iswara IP. Beliau adalah Mbak Rusna Meswari.

Langsung saja, makna Ibu Profesional kebanggaan keluarga yang beliau jelaskan adalah seorang perempuan yang bangga akan perannya sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Senantiasa memanfaatkan diri dengan berbagai ilmu agar bisa bersungguh-sungguh mengelola keluarga dan mendidik anak-anaknya dengan kualitas yang sangat baik. 

Selain itu, kita juga belajar tentang beberapa hal lain di antaranya ;

  • Memahami keluarga sebagai bagian dari peradaban dunia
  • Memahami 4 kebutuhan dasar sebagai orang tua
  • Visi dan misi dalam komunitas Ibu Profesional

Beliau, Mbak Rusna juga menceritakan betapa ia bersungguh-sungguh mengerjakan setiap misi, bukan hanya untuk menuntaskan kewajiban. Beliau bahkan menunjukkan foto-foto buku jurnal perjalanan beliau. Dan kata beliau, beruntungnya kita belajar di sini adalah setiap tugas atau misi dibuat jurnalnya. Dan kebetulan, ilmu tentang journalling ini adalah satu dari dua ilmu yang harus saya latih dan saya cantumkan pada misi sebelumnya.

Misi 5 (Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga)

Makna ibu profesional

Makna Ibu Profesional Versi Saya :

Ibu Profesional menurut saya adalah ibu yang ikhlas menjalankan perannya dengan bersungguh-sungguh mendidik anaknya agar menjadi anak yang saleh salehah serta berusaha menjadi teladan yang baik bagi anaknya dengan berakhlak mulia dalam kesehariannya.

Sebagai seorang ibu yang bertanggung jawab mendidik anaknya dengan bersungguh-sungguh tentu butuh upgrade ilmu. Baik ilmu dunia yang tidak bertentangan dengan syariat maupun ilmu syar'i. Mulai dari ilmu tentang menjadi ibu yang baik, ilmu tentang pengasuhan hingga ilmu tentang Al Quran. Salah satunya, saya belajar di Institut bu Profesional ini dengan tujuan belajar menjadi ibu yang baik sesuai visi misi Ibu Profesional. Semoga kita termasuk hamba Allah yang Allah mudahkan untuk mempelajari ilmu-ilmu-Nya di tengah kesibukan kita sebagai seorang istri dan ibu.

Berusaha menjadi pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya itu dimulai dari menjadi teladan yang baik dengan akhlaqul karimah bagi anak, menjadi fasilitator bagi anak hingga membimbing dan mengajari anak untuk bertauhid kepada Allah. Dalam bayangan saya, ini cukup berat. Bagaimana kalau menurut teman-teman?

Menjadi teladan yang baik ini pasti akan banyak sekali ujiannya. Misalnya, ketika terjadi hal di luar kendali kita, dan seketika mulut kita ingin mengeluh atau bahkan memarahi anak kita. Kita harus ingat-ingat lagi bahwa kita ingin menjadi teladan yang baik untuk anak kita. Maka, kita pun harus memilih menahan lisan kita serta berusaha mengelola emosi kita pada saat itu juga.

Makna Ibu Profesional Menurut Lingkaran Terdekat :

Makna Ibu Profesional Menurut Suami :

Menurut suami, ibu profesional adalah ibu yang mampu mengajari anaknya serta mampu memanajemen waktunya dengan baik. Saat saya tanya suami apakah aku sudah menjadi ibu profesional, beliau jawab "hampir". 

Dari dua poin makna Ibu Profesional menurut beliau, saya sudah bisa mengajari Aisyah anak saya, namun masih kurang dalam hal manajemen waktu. Yap, manajemen waktu ini salah satu ilmu yang perlu saya latih, dan saya tulis di jurnal misi 4 kemarin. Dan menurut saya sendiri, saya masih belum sepenuhnya bisa mengajari anak saya. 

Makna Ibu Profesional Menurut Anak Saya (Usia 3 tahun, 2 bulan)

Saya coba tanyakan, "Aisyah senengnya Bunda ngapain?". Dia jawab, " Bunda masak". Ku ulangi pertanyaan berupa pilihan "Aisyah senengnya Bunda nemenin Aisyah mainan atau Bunda masak?". Dijawab "nemenin Aisyah mainan tok (saja)". Lanjut, "Aisyah maunya diajak mainan lempar bola atau menggambar di papan tulis?".

Ternyata dia pilih menggambar di papan tulis. Lalu saya tanya, "Kenapa?". Katanya, "soalnya kalau di papan tulis itu belajar". Itulah jawaban polos anak-anak yang standar kebahagiaannya begitu sederhana yaitu hanya ingin ditemani bermain oleh ibunya. 

Indikator keberhasilan Ibu Profesional Versi Saya :

  1. Menyempatkan diri setiap hari untuk mempelajari ilmu baik mendengarkan kajian, membaca artikel atau membaca buku
  2. Menemani anak bermain atau belajar dengan mindful meskipun hanya sebentar
  3. Mampu mengelola emosi serta menahan lisan dari ucapan yang buruk
  4. Mampu mengatur waktu dengan baik
  5. Senantiasa mendoakan kebaikan suami dan anak-anaknya
  6. Mengenalkan anak tentang Allah, Rasul, serta agamanya (Islam) sejak dini

Dari beberapa indikator keberhasilan ibu profesional versi saya, saya ternyata belum memenuhi beberapa dari indikator di atas. Tetapi bukan berarti saya gagal menjadi ibu profesional versi saya sendiri. Saya hanya sedang berjuang menjadi ibu profesional sesuai dengan makna ibu profesional versi saya sendiri.







Comments

Popular Posts